F 700 GS adalah pengganti & penerus dari motor populer BMW terdahulu yakni F 650 GS yang kini tampaknya sudah dihentikan produksinya. Membawa berbagai pembenahan dan juga inovasi-inovasi terbaru, motor ini melanjutkan misi dari sang pendahulu untuk memanjakan mereka yang senang sensasi berkendara dengan harian plus petualangan.
Memperhatikan akan sosok motor ini, secara garis besar mengambil basis dari gen lamanya yaitu F 650 GS. Jika kalian jejerkan pasti sangat identik dari mulai depan hingga belakang. Namun tentu saja jika ditanya bagusan mana? ya jelaslah pastinya F 700 GS ini lebih keren dan modern, soalnya memang lebih fresh dan sesuai sama selera para rider di zaman sekarang ini.
Penampilan motor ini khas sekali dengan GS series yakni menggunakan konsep mirip burung lengkap dengan paruh di depan. Lampu depan tipe ganda, satu besar & satu kecil namun bentuknya lebih sporty jika dibandingkan sama F650GS. Ada juga windshield mini sebagai perlindungan.
Stang model handle bar, tangki depan ( isinya bukan bahan bakar melainkan bateray) penuh lekukan dengan fairing yang pendek, Jok single seat dengan dengan pegangan belakang serta ada tangki bahan bakar di bawah dengan tutup tangki yang berada di sebelah kanan. Lalu ada
knalpot cukup besar yang menengadah keatas serta stoplamp LED yang mendongrak penampilan di belakang. Di indonesia, BMW F 700 GS hadir dengan 3 pilihan warna yakni biru, hitam serta putih.
BMW F 700 GS Biru |
BMW F 700 GS Merah |
BMW F 700 GS Putih |
Motor ini dirakit dengan rangka tipe teralis baja kokoh yang menunjang mesin dan membuat tampilannya bak motor adventure sejati. Suspensi depan ditunjang sama Teleskopik fork berdiameter 41 mm ( travel 170 mm)., sedangkan belakang pakai suspensi monoshock (travel 170 mm) yang terintegrasi dengan swingarm ganda Alumunium yang mana dilengkapi dengan sistem pengaturan kenyamanan dan peredaman yang bisa disesuaikan. Letak bahan bakar yang berada dibelakang, tepatnya di bawah jok sangat membantu sekali dalam menurunkan centralisasi massa.
F 700 GS ditenagai dengan mesin 2 silinder, 798cc, 4 stroke, DOHC, 4 katup per silinder, dengan sistem pendinginan cairan yang tentu saja lebih besar dan powerfull dari pendahulu yang cuma 650cc satu silinder.
Dengan bore x stroke masing-masing 82 mm dan 75,6 mm ( alias oversquare) serta transmisi 6 kecepatan, mesin tersebut mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 55 kW ( 75 HP ) @ 7300 rpm dengan torsi maksimum 35 kW ( 48 HP ) @ 7000 rpm). Jika kalian berani, motor dengan berat basah 209 kg ini setelah di test bisa kita ajak berlari sampai top speed atau kecepatan maksimal mencapai 192 km/jam.
Pihak BMW juga memberikan mesin F 700 GS beberapa teknologi menarik supaya tak hanya memiliki performa tinggi namun juga bisa diajak buat menghemat keuangan. Diantaranya ada Electronic Intake Pipe Injection serta digital engine management ( BMS-K+) untuk mengoptimalkan pembakaran di ruang bakar sehingga bahan bakar bisa terpakai secara sempurna.
Dan otomatis konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Pihak BMW sendiri mengklaim jika konsumsi bahan bakar per 100 km dengan rentang kecepatan 90 km/jam F 700 GS adalah 3,9 liter. Dan konsumsi bahan bakar per 100 km dengan rentang kecepatan 120 km/jam adalah 5,1 liter.
Mengikuti regulasi yang ditetapkan saat ini, BMW F 700 GS pun sudah berstandartkan emisi EURO 3. Dan semua ini berkat pemakaian sistem Closed -loop-3 way catalytic converter untuk sektor pembuangan yang menyebabkan gas buang jadi bersih dan ramah lingkungan.
Untuk menghentikan laju, BMW F 700 GS diberikan perlengkapan berupa Cakram ganda 2 kaliper piston berdiameter 300 mm di depan dan Cakram tunggal 1 kaliper piston berdiameter 265 mm dibelakang. Tak ketinggalan teknologi Anti-lock Braking System ( ABS ) pun tersemat sebagai penyempurna (BMW Motorrad two channel ABS). Sepeda motor ini memakai ban depan berukuran 110/80 - 19 & ban belakang berukuran 140/80 - 17.
F 700 GS memiliki fitur yang istimewa khas BMW Electronic Suspension Adjustment (ESA) serta Automatic Stability Control (ASC) dan merupakan fitur yang baru sekali di segmen sepeda motor ini. Bicara soal ESA, fitur ini merupakan fitur yang bisa mengatur peredaman suspensi belakang hanya dengan menekan tombol yang terdapat di stang kemudi, dengan 3 buah pilihan yakni "Comfort" , "Normal" dan "Sport".
Nah kalau untuk ASC merupakan fitur canggih untuk mencegah roda belakang mengalami spin saat berakselerasi. Sehingga resiko jatuh bisa diminimalisir dan alhasil makin aman saat berkendara.
Agar berkendara lebih menyenangkan, BMW F700GS memiliki panel instrumen yang sangat menarik yakni perpaduan analog + digital. Analog nya ada 2, yang satu untuk indikator kecepatan dan 1 analog lagi untuk indikator rpm meter. Nah untuk yang digital memiliki background warna orange dengan informasi indikator bahan bakar, jam, indikator gigi, trip meter dan suhu.
Dipasaran, motor ini bersaing dengan sepeda motor lainnya seperti suzuki v-stroom 650, Honda CB500X, Ducati Hyperstrada, Kawasaki Versys 650 dan lain-lain.
Spesifikasi BMW F 700 GS:
- DIMENSI
- Panjang keseluruhan 2,280 mm.
- Lebar 880 mm.
- Tinggi mencapai 1,215 mm.
- Berat kering 186 kg.
- Berat basah 209 kg.
- Kapasitas tangki bahan bakar 16 liter.
- Tinggi jok 820 mm, namun jika memakai perlengkapan maupun aksesoris dikisaran 765 mm - 835 mm.
- Berat total yang diijinkan sebanyak 436 kg ( dengan merendahkan suspensi 349 kg).
- Muatan ( dengan peralatan standart) adalah 227 kg ( dengan merendahkan suspensi 150 kg).
- Dibangun dengan Tubular steel Space Frame.
- Suspensi depan Teleskopik fork berdiameter 41 mm ( travel 170 mm)., sedangkan belakang pakai suspensi monoshock (travel 170 mm) yang terintegrasi dengan swingarm ganda Alumunium dilengkapi dengan sistem pengaturan kenyamanan dan peredaman yang bisa disesuaikan.
- Jarak sumbu antar kedua roda 1,562 mm.
- Sudut kepala kemudi 64 derajat.
- Castor 95 mm.
- Roda depan memakai velg cast wheel alumunium 2.50 - 19 MTH2.
- Roda belakang pakai velg cast wheel alumunium 3.50 - 17 MTH2.
- Ban depan berukuran 110/80 - 19.
- Ban belakang berukuran 140/80 - 17.
- Rem depan pakai Cakram ganda 2 kaliper piston, diameter 300 mm, teknologi ABS.
- Rem belakang pakai Cakram tunggal 1 kaliper piston, diameter 265 mm, teknologi ABS.
- Tipe 2 silinder, 4 stroke, DOHC, 4 katup per silinder, dengan sistem pendinginan cairan.
- Bore x stroke : 82 mm x 75,6 mm.
- Kapasitas mesin 798 cc.
- Daya maksimal yang dikeluarkan kisaran 55 kW ( 75 HP ) @ 7300 rpm ( dengan sistem pengurangan daya menjadi sekitar 35 kW ( 48 HP ) @ 7000 rpm).
- Torsi maksimal mencapai 77 Nm @ 5300 rpm ( dengan sistem pengurangan menjadi sekitar 60 Nm @ 5000 rpm).
- Perbandingan kompresi rasio 12,0 : 1.
- Transmisi 6 kecepatan.
- Rantai tipe Endless O-Ring with shock damping in rear wheel hub.
- Kopling : Multiple-disc clutch in oil bath, mechanically operated.
- Manajemen mesin : Electronic Intake Pipe Injection , digital engine management ( BMS-K+).
- Pengendalian emisi ( gas buang) : Closed -loop-3 way catalytic converter , Standar emisi EURO 3.
- Kecepatan maksimum mencapai 192 km/jam.
- Konsumsi bahan bakar per 100 km dengan rentang kecepatan 90 km/jam adalah 3,9 liter.
- Konsumsi bahan bakar per 100 km dengan rentang kecepatan 120 km/jam adalah 5,1 liter.
- Tipe bahan bakar RON 95 atau setara Pertamax Plus.
- Alternator : three-phase alternator 400 W.
- Batteray 12 V / 12 Ah , maintenance -free.
Harga BMW F 700 GS - Bulan September 2016 :
- Harga baru Rp. 475.000.000
0 Response to "Harga BMW F 700 GS Terbaru Bulan September 2016"
Posting Komentar