Petualangannya di dunia otomotif, diwarnai persaingan dengan motor besutan pabrikan lainnya yang berada dikelas yang sama seperti Honda CBR600RR, Yamaha R6 serta Kawasaki ZX6R. Dan alasannya apalagi kalau bukan untuk menjadi yang terbaik.
Seiring perkembangannya hingga sekarang, motor supersport GSX-R600 ini yang paling baru ialah model keluaran tahun 2016. Dan model tersebut telah membawa perubahan-perubahan serta inovasi teranyar dari pihak Suzuki guna membuatnya kian menjadi sportbike yang sempurna.
Suzuki GSX-R600 memiliki penampilan bak motor balap dan untuk sektor ergonominya sendiri sudah tak diragukan adalah menunduk. Namun jangan khawatir, meski menunduk namun masih nyaman, kok soalnya motor ini menerapkan footstep yang bisa diatur hingga 3 pilihan.
Kemudian juga tuas kopling juga bisa disesuaikn sesuai kebutuhan. Dan yang lebih penting desain tangki bahan bakar yang bisa menampung 17 liter yang dipakai juga telah dibuat pendek sehingga tubuh pengendara bisa bertumpu dengan nyaman.
Di bagian depan, ada single headlamp sebagai sektor penerangan. Belum LED memang namun mengingat ukurannya besar maka pencahayaannya pun terbilang mumpuni untuk malam hari.
Dan yang menarik dibagian bawah headlamp terdapat semacam lubang dengan sudut tajam & hal ini membuat tampilan GSX-R600 ini jadi lebih sporty. Dan perlu kalian ketahui, lampu motor sportbike inilah yang menjadi salah satu inspirasi motor ayago satria FU keluaran tahun 2013.
Untuk sektor belakang, penerangan sudah lebih baik yakni pakai lampu LED dengan desain lampu ganda dimana lampu sein menyatu dengan stoplamp tersebut. Oh ya, joknya pun model split seat dengan bagian belakang tinggi khas motor balap.
Suzuki GSX-R600 Sumber gambar : https://www.suzuki.ca/en/2015-gsx-r600 |
Suspensi jenis Big Piston Front-Fork (BPF) 41 mm dari pabrikan Showa terpasang diarea depan guna perform yang optimal & semakin disempurnakan dengan adanya Electronic Controlled Steering Damper untuk kemudahan pengendalian motor baik saat kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi. Di area belakang terdapat suspensi Monoshock juga dari Showa dengan fitur "adjustable" untuk kenyamanan.
Suzuki GSX-R600 dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 599cc, 4 Stroke, 4 Cylinder, DOHC, dengan sistem pendinginan cairan (liquid Cooled). Termasuk dalam kategori mesin oversquare yang mana memiliki ukuran bore dan stroke masing-masing 67 mm x 42,5 mm dengan perbandingan komprehesi 12,9 : 1 yang bertujuan agar mampu menghasilkan performa yang tinggi yang digunakan.
Suzuki GSX-R600 Sumber gambar : https://www.suzuki.ca/en/2015-gsx-r600 |
Tak sampai itu saja, mesinnya juga menggunakan Suzuki Composite Electrochemical Material ( SCEM) yang berguna untuk meminimalisir gesekan, meningkatkan daya tahan serta mampu mentransfer panas dengan lebih baik.
Mesin Suzuki GSX-R600 ini mampu melahirkan power maksimal mencapai 124 Bhp @ 13500 rpm dengan torsi maksimum hingga 69,6 Nm @ 11500 rpm. Dengan spesifikasi tersebut, motor sportbike ini punya tingkat akselerasi yang terbilang baik dan si kuda besi ini mampu dipacu untuk berlari hingga kecepatan maksimal atau top speed direntang angka 300 km/jam.
Suzuki GSX-R600 Sumber gambar : https://www.suzuki.ca/en/2015-gsx-r600 |
Dan agar sensasi berkendara motor supersport ini semakin mantap, pihak suzuki juga memasukkan teknologi Suzuki Drive Mode Selector ( S-DMS) untuk mengatur tenaga mesin sesuai dengan kondisi jalan yang dilewati. Dan dioptimalkan dengan knalpot titanium yang digunakan yang memakai teknologi Suzuki Exhaust Tuning ( SET ) untuk respon power yang maksimal.
Kemudian, sektor keamanan supersport GSX-R600 ini ditunjang sama sektor pengereman yang mumpuni. Diarea depan terpasang cakram ganda 310 mm dengan 4 kaliber piston dari pabrikan Brembo dan Bagian belakang memakai cakram tunggal juga dari pabrikan Brembo. Ukuran ban yang digunakan adalah masing-masing depan ukuran 20/70ZR17M/C (58W) & belakang 180/55ZR17M/C (73W) dan membungkus velg alumunium 3 jari yang digunakan.
Suzuki GSX-R600 Sumber gambar : https://www.suzuki.ca/en/2015-gsx-r600 |
Spesifikasi Suzuki GSX-R600:
- DIMENSI
- Panjang keseluruhan yaitu 2030 mm.
- Lebar mencapai 710 mm.
- Tinggi mencapai 1135 mm.
- Jarak sumbu kedua roda adalah 1385 mm.
- Jarak terendah ke tanah 130 mm.
- Tinggi tempat duduk / jok 810 mm.
- Berat kosong yaitu 187 kg.
- Suspensi depan menggunakan Big Piston Front-Fork 41 mm dari Showa, sedangkan suspensi belakang memakai monoshock dari Showa dengan link type.
- Rem depan memakai cakram ganda 310 mm 4 kaliber piston dari Brembo & rem belakang pakai cakram tunggal juga dari pabrikan Brembo.
- Ban depan memakai ban tubeless ukuran 120/70ZR17M/C (58W) & belakang juga sama yakni tubeless namun dengan ukuran beda yakni 180/55ZR17M/C (73W).
- Kapasitas tangki bahan bakar penuh/full mencapai 17 liter.
- Tipe 4 Stroke, 4 Cylinder, DOHC, 599cc dengan sistem pendinginan cairan (liquid Cooled).
- Ukuran bore x stroke : 67 mm x 42,5 mm.
- Perbandingan komprehesi 12,9 : 1.
- Sistem bahan bakar pakai Suzuki Fuel Injection.
- Power maksimal mencapai 124 Bhp @ 13500 rpm dengan torsi maksimum hingga 69,6 Nm @ 11500 rpm.
- Tipe starter: Electric starter.
- Sistem pengapian : Electronic Ignition (Transistorized).
- Transmisi 6 kecepatan, constant mesh.
- Final drive : RK525SMOZ8, 114 links, chain.
Harga Suzuki GSX-R600 - Bulan September 2016:
- Motor ini belum secara resmi masuk indonesia, namun untuk di amerika supersport ini dijual dengan harga $ 11,199 atau jika di kurs rupiah dikisaran angka 147 juta rupiah.
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Tentang :
0 Response to "Harga Suzuki GSX-R600 Bulan September 2016"
Posting Komentar