Matic baru tersebut lahir dalam klan Mio Series dan menyandang nama Mio Z serta sudah mengaplikasikan teknologi Blue Core. Matic ini sudah resmi jadi pilihan motor entry level yamaha setelah dilaunching tepat pada tanggal 30 maret 2016 kemarin bertempat di sirkuit sentul, bogor.
Dan jika kita hitung-hitung, motor ini menjadi motor ke-4 yang diluncurkan di indonesia sepanjang tahun 2016 ini yakni setelah Yamaha Fino 125 Blue Core, Yamaha Aerox serta motor sport Yamaha Xabre. Kemudian, kehadiran Mio Z ini tentu saja bakalan semakin memperkaya koleksi varian motor Yamaha yang berteknologikan Blue Core di tanah air.
Terlahir dalam keluarga Mio Series, Mio Z membawa tagline "Sobat Pas LibaZ Jalanan". Cukup unik dan menarik memang dan motor ini sendiri ditujukan untuk para pemuda yang ingin berkendara dengan nyaman sambil bergaya. Namun bukan berarti para kaum hawa tak cocok untuk motor ini. Ya mau bagaimana pun motor ini adalah matic yang tentu saja cocok juga buat dipakai oleh para wanita.
Untuk sosok Yamaha Mio Z ini sendiri, kalau boleh jujur rasanya tidak terlalu istimewa walaupun notabennya adalah motor baru. Mengapa? karena tampilannya itu cenderung sangat mirip alias sebelas, duabelas sama saudaranya yang sesama keluarga Mio yakni Yamaha Mio M3. Bagian-bagiannya dari depan, samping hingga belakang semuanya cenderung mirip sekali. Dan pastinya tubuhnya kecil dan ramping.
Matic baru Yamaha Mio Z terlahir dengan 2 buah warna pilihan di indonesia. Dan yang menarik, nama-namanya terdengar unik yakni Hitam Zagoan dan Putih Zagoan.
Di atas tadi, sudah dikatakan bahwa motor baru Mio Z ini punya perawakan yang cenderung sama sama Mio M3. Namun yang namanya model baru tentu saja ada perbedaan yang dimiliki dibandingkan motor yang sudah dirilis duluan. Nah hal tersebut mungkin bakal terjawab pada fitur-fitur unggulan serta kelebihan yang dimiliki oleh Yamaha Mio Z di bawah ini.
Striping Fresh nan Modern dengan Logo "Z "
Motor Yamaha Mio Z memang memiliki wujud & bentuk yang cenderung sebelas, duabelas sama Mio M3. Stripingnya pun aslinya agak mirip yakni fresh dan modern. Namun matic baru ini mengusung logo yang berbeda dengan saudaranya tersebut sebagai identitas dirinya yakni huruf "Z". Bedakan sama Mio M3 yang logonya "M3"?.
Bagasi Luas & Lega
Meski rupa sama, namun ternyata Mio Z memiliki kapasitas penyimpanan atau bagasi yang lebih luas nan lega dibandingkan sama Mio M3. Dan pastinya hal ini bisa membuat matic baru ini bisa lebih mampu alias lebih banyak membawa ataupun mengangkut barang bawaan kita selama menggunakan motor ini. Lalu menariknya, meski lebih luas namun untuk kapasitas bahan bakarnya masih sama yakni 4,2 liter.
Ban Lebih Lebar
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Yamaha Mio M3 mendapat beberapa keluhan dari para pemakainya termasuk dalam urusan ban yang dirasa kurang pas karena ukurannya terasa kekecilan. Nah, untuk itulah maka Mio Z menawarkan solusi untuk masalah tersebut. Motor matic baru ini mengusung ban yang lebih lebar dibandingakan saudaranya tersebut.
Jika Yamaha Mio M3 mengusung ukuran ban depan 70/90 - 14 M/C (34P) & belakang 80/90 - 14 M/C (40P). Maka untuk Yamaha Mio Z memakai ukuran ban depan 80/90 - 14 M/C (43P) dan belakang 100/70 - 14 M/C (51P). Ukuran ban yang lebih lebar ini tentu saja bakal membuat matic baru ini lebih kokoh dan stabil saat di pakai dijalanan.
Multifunction Key
Yamaha Mio Z mengusung teknologi pintar yang sering melekat pada motor matic yamaha. Teknologi tersebut ialah Multifunction Key. Teknologi ini mengintegrasikan berbagai macam fungsi ( lebih tepatnya 3 fungsi) kedalam 1 fitur yakni lubang kunci kontak. Multifunction key ini bisa digunakan untuk membuka bagasi / tempat penyimpanan, mengunci motor serta menyalakan motor.
Panel Instrumen Modern
Yamaha Mio Z mengusung desain panel instrumen yang fresh dan modern ala motor zaman sekarang. Dan jika boleh jujur panel instrumen yang digunakan cenderung sama dengan milik Yamaha Mio M3. Panel tersebut terbagi dalam beberapa bagian kawan. Yang di bagian kanan menampilkan informasi indikator lampu sein sama indikator injeksi. Untuk tengah indikator kecepatan (speedometer) dan indikator bahan bakar. Dan untuk yang kiri indikator lampu jauh serta Eco indikator.
Mesin 125 cc Blue Core + Eco Indicator
Matic anyar ini dipersenjatai dengan mesin 125cc, SOHC, dengan sistem pendinginan udara (Air Cooled). Mesin tersebut memiliki rasio kompresi 9,5 : 1 dengan Daya maksimum sebesar 7,0 kW / 8000 rpm & torsi maksimum 9,6 Nm / 5500 rpm. Performanya cukup tangguh & mantaplah sebagai motor matic.
Tak cuma tangguh saja, mesin tersebut juga irit. Ya mau bagaimana lagi soalnya mengingat ini adalah motor matic yamaha zaman sekarang kawan, teknologi Fuel injeksi serta teknologi canggih Blue Core kebanggan pabrikan garputala tersebut dipastikan sudah disematkan pada motor Yamaha Mio Z ini. Dan teknologi tersebutpun semakin disempurnakan dengan adanya Eco Indicator.
Keiritan Mio Z ini di klaim oleh pihak yamaha 50% lebih irit dibandingkan matic-matic yamaha keluaran tahun 2008. Pihak yamaha pun juga mengkalim jika matic barunya ini bisa dipakai untuk menempuh jarak sejauh 200 km dalam kondisi tangki full alias penuh. Keiritannya sendiri kurang lebihnya sebanding sama Mio M3.
Matic Yamaha Mio Z dibangun dengan rangka tipe underbone dengan mengandalkan Suspensi depan Teleskopik & suspensi belakang monoshock. Untuk pengeremannya mengandalkan rem cakram tunggal di bagian depan dan rem drum alias tromol dibelakang. Dan Matic ini ditargetkan oleh pihak yamaha terjual sebanyak 50.000 unit per bulannya.
Spesifikasi Yamaha Mio Z :
- DIMENSI
- Panjang body : 1870 mm.
- Lebarnya 685 mm.
- Tinggi mencapai 1035 mm.
- Jarak sumbu antar kedua roda : 1260 mm.
- Jarak terendah ke tanah ialah 135 mm.
- Tinggi tempat duduk (jok) : 750 mm.
- Berat isi 94 kg.
- Kapasitas tangki bahan bakar 4,2 liter.
- Tipe mesin 4 Stroke, SOHC, Single Cylinder 125cc dengan sistem pendingin udara (Air Cooled).
- Diameter x Langkah : 52,4 mm x 57,9 mm.
- Perbandingan rasio kompresi 9,5 : 1.
- Daya maksimum 7,0 kW / 8000 rpm & torsi maksimum 9,6 Nm / 5500 rpm.
- Sistem starter : Electric & Kick Starter.
- Sistem pelumasan : Wet Sump.
- Kapasitas oli mesin : Total 0,84 liter ; berkala 0,80 liter & ganti filter oli 0,80 liter.
- Sistem bahan bakar : Fuel Injection.
- Tipe kopling : dry, Centrifugal Automatic.
- Tipe transmisi : V-belt Automatic.
- Tipe rangka : Underbone.
- Suspensi depan : Teleskopik & suspensi belakang : Unit swing.
- Ban depan ukuran 80/90 - 14 M/C (43P) & ban belakang 100/70 - 14 M/C (51P)
- Rem depan single disc brake dan belakang drum brake (tromol)
- Sistem pengapian TCI.
- Batteray : YTZ4V / GTZ4V.
- Tipe busi : NGK / CR6HSA.
Harga Yamaha Mio Z - Bulan September 2016:
- Harga baru - Rp. 15.100.000 (OTR Jakarta)
Itulah ulasan singkat dan sederhana mengenai spesifikasi dan harga yamaha mio z terbaru yang ada di indonesia. Silahkan baca juga artikel menarik lainnya yang ada di blog motorcomcom ini seperti contohnya adalah:
- Harga Yamaha Aerox
- Harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core
- Harga Yamaha Soul GT
- Harga Yamaha Mio J
- Harga Yamaha Nmax
- Harga Yamaha Mio Fino FI
- Harga Yamaha Mio GT
0 Response to "Harga Yamaha Mio Z Bulan September 2016"
Posting Komentar